Jumat, 03 Agustus 2012

Advanced Math Class : Cara Mencari Luas Segitiga Sebarang

Ok sebelum saya posting saya ngerandom dulu sebentar
sudah beberapa hari blog ini tidak di update entah karena apa saya gak tau , mungkin gk ada yang mau ngepost
terus si ketua kelas a.k.a dziikir mendesak supaya ane ngepost di blog
ok setelah saya bertapa beberapa hari (baca:boker) saya putuskan untuk posting tentang segitiga ~.~

kyaaa ...
pasti semua sudah pada tau tentang apa itu heron

gk tau oooooooooooom !!!

masak sih ? sudah di ajari lho

serius om gk tau , apa sih heron itu terangin dong

ah ngaco deh , masak gk tau ?? itu lho yang V((s)(s-a)(s-b)(s-c)) ( baca : akar ( s kali (s-a) kali (s-b) kali (s-c))


oh itu to om ... bilang dong , kalo rumus itu yang buat nyari luas segitiga sebarang sih ane udah tau dari kelas 8 kemarin , tp gak tau namanya :trollmeme:




yah karena udah tau ane lanjut


eh om bentar itu gmn kok bisa langsung dpt rumus heron ? di turunkan dari langit kah ??


ya gak lah :v , semua rumus mat di turukan dari rumus2 dasar kayak penjumlahan , perkalian , pembagian , luas segitiga dll , cmn di manipulasi


lalu gmn om ??


ah gk usah saya bahas sekarang :v ,


yahhhhh....


tenang aja ane bahas kapan2 kalo ada waktu :v , jang jelas pakai trigono juga mau sekarang ??

trigono ??? (dafuqmeme) , gk jadi deh om , kapan2 aja hehe trims

nah loh , ok dhe back to the topic .-. ,
 rumus heron memang sering di gunakan buat cari luas segitiga , dan sangat efektif di lakukan buat nyari luas segitiga "KALAU" semua sisinya rasional :P

MAKSUDNYA OOOM !!!

ah coba deh masukin ini ke heron
luas segitiga dengan sisi sisi 5, akar 41 sama 8 :P
selesai kah kau hitung 5 mnt ?? gk akan , saya berani taruhan 5000 buat kelas 9A yang bisa selsein pake heron kurang dari 5 mnt

masak sih om kan masih gampang itu nanti s nya = (13+akar 41)/2
2 nya yang 4x di keluarin dari akar jadi nanti per 2 tinggal ngitung atasnya aja ._.

OK itu masih 1 akar , gmn kalo luas segitiga yang sisi sisinya
akar 26 , akar 41 , 8 :evilface:

Waduh SUSAH OM !!!

gk kok sebenernya ._. ada triknya
memang lebih rumit dari pada pakai heron yang tinggal masuk2 in aja :v

GIMANA OM !! ??

ok ane kasih caranya deh
Sebut saja itu segitiga ACD , dengan AD = akar 41 , DC = 5 , dan AC = 8
ok ._. kita mulai tipu tipu nya :v , tarik garis dari titik D ke B sehingga DB tegak lurus AC

Terus om ???

Sudah Jangan BICARA DULU , SIMAK AJA ...

Ampun om... !!

Ok lanjut tadi
kita bakal pakai pytagoras , eliminasi dan sedikit akal2 an ._.
pertama misal BC = x , dan DB = t , karena AC = 8cm dan AC = AB + BC -> 8 cm = x + AB , AB = 8-x cm , ok sekarang mainan pitagoras :v

inget rumus pitagoras kan ?

AD^2 = AB^2 + BD^2
DC^2 = BC^2 + BD^2

41 = (8-x)^2 + t^2
25 = x^2 + t^2
_______________ -
16 = (8-x)^2 - (x)^2
16 = 64-16x + x^2 - x^2
16x = 48
x = 3
sekarang kita tau nilai x , sehingga kita bisa nyari nilai t

25 = 3^2 + t^2
25-9 = t^2
16 = t^2
4 = t

ok luas segitiga adalah alas x tinggi x 1/2
dan alasnya adalah AC , tingginya adalah BC ,
BC = t = 4
AC = 8
luas ACD = 1/2 x 4 x 8 = 16cm

ok saya hanya berbagi
lagian sangat jarang di temukan soal segitiga sisi akar di sekolah menengah pertama :v
hehehe

nah udah bisa kan nyari segitiga sebarang lain pakai cara saya hanya dengan liat contohnya ??

OM gk JELAS !!

ok karena udah jelas semua saya akhiri sesi kali ini

yang gak paham hubungi saya di kelas 9A
salam ...

0 komentar:

Posting Komentar